Kamis, 07 Juni 2018

Natural Language Processing (NLP)

NLP (Natural Language Processing) merupakan salah satu bidang ilmu komputer, kecerdasan buatan dan bahasa ( linguistic ) yang berkaitan dengan interaksi antara komputer atau dengan bahasa alami manusia ( bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ) Jadi bahasa alami/ natural language yaitu bahasa yang dimengerti oleh manusia.
Bahasa alami pada prinsipnya adalah suatu bentuk representasi dari suatu pesan yang akan dikomunikasikan antar manusia. Representasinya dapat berupa suara, namun juga bisa dinyatakan berupa tulisan.

SEJARAH SINGKAT NLP
Sejarah NLP dimulai pada tahun 1950-an, meskipun telah ada penilitian NLP pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 1950, Alan Turing (bapak ilmu komputer) mempublikasikan artikel terkenalnya yang berjudul “Computing Machinery and Intelligence” yang di dalamnya Alan Turing mengusulkan tes yang sekarang disebut dengan Turing Test. Tes Turing adalah sebuah tes yang mengukur kemampuan mesin (dalam hal ini program komputer) untuk menunjukan perilaku cerdas.
Dalam ilustrasi contoh aslinya, seorang juri manusia akan terlibat dalam percakapan dengan manusia dan mesin yang akan dites. Semua peserta dipisahkan satu sama lain. Jika juri tidak bisa membedakan antara manusia dan mesin, maka mesin tersebut dikatakan lulus tes.

TANTANGAN TERHADAP NLP

- Ambiguitas bahasa alami.
- Representasi pengetahuan adalah tugas yang sulit.
- Terdapat berbagai tingkat informasi dalam bahasa kita.
- Terdapat beragam aplikasi untuk teknologi bahasa.

NLP adalah bidang studi tersulit dalam kecerdasan buatan. Tetapi, jika kita berhasil dalam pengembangan NLP maka dampak positifnya sangatlah besar. Contoh-contoh diatas hanyalah sebagian dari aplikasi di seluruh dunia yang telah mengaplikasikan NLP.
Perkembangan komputer di masa sekarang berada pada generasi komputer keempat. Pada generasi komputer kelima (masa depan – masih imajinasi), komputer telah mampu dioperasikan hanya dengan inputan suara manusia. Selain itu, komputer telah mampu untuk memprogram dirinya sendiri sehingga bisa saja mungkin pemikirannya mengalahkan pemikiran manusia. Anda pernah
menonton film Iron Man? Jika belum, maka saya menyarankan anda untuk menontonnya. J Di film tersebut Tony Stark si Iron Man memiliki Intelligent Personal Assistent yang diberi nama Jarvis.

Jarvis adalah komputer Artificial Intelligence milik Stark yang digunakan untuk mengontrol rumah,lokakarya, dan aspek dari kostum Iron Man. Pengoperasian Jarvis hanya dengan perintah langsung dari mulut Tony Stark (voice-input), karena Jarvis telah ditanamkan Natural Language Processing danArtificial Intelligence yang handal.

CONTOH MANFAAT NLP DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
- Dalam Bidang Pembisnis / Manajer
Team building, meningkatkan kemampuan negosiasi, menggali dan memenuhi kebuutuhan klien-klien, meningkatkan kreatifitas,coaching & conseling, kemampuan interview, Goal
setting.
- Dalam bidang politik, tokoh masyarakat, LSM,Public Speaking, kemampuan persuasi, mendekatkan diri dengan konstituen, menigkatkan
efektifitas lobby, lebih karismatik, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Informasi Perbankan Perhitungan Bunga Deposito

Soal. Pada tanggal 15 Januari 2020 Tuan Iwan menyimpan deposito berjangka senilai Rp. 12.000.000 dengan jangka waktu 3 bulan. Bunga dep...